Menu kgk jelas

Rabu, 25 September 2013

Peranan dan Fungsi Bahasa

Peranan dan Fungsi Bahasa Pada Kehidupan
Sehari-hari


teman-teman, kalian semua tau gak apasih peran dan fungsi bahasa dalam kehidupan kita, hmmm.. mungkin sering sekali kita melupaka esensi sebenernya dari sebuah bahasa, dan sering juga kita mengabaikan fungsi-fungsi bahasa dalam kehidupan sehari... nah pada hari ini saya akan membahas tentang peranan dan fungsi bahasa selamat menyimak teman-teman, semoga bermanfaat yaa~

Peranan Bahasa
peranan bahasa itu ada apa sih? nah Peranan bahasa itu kurang lebih ada 4 temen-temen yaitu :

1. Sebagai Alat Komunikasi
jadi dengan sebuah bahasa kita bisa mengerti,berinteraksi dan memahami maksud dan tujuan dari orang 
atau sesuatu yang ingin berinteraksi dengan kita temen-temen.  Misalnya, temen kita ingin menyampaikan         sesuatu yang sangat penting maka temen kita akan berkomunikasi dengan kita dengan menggunakan bahasa  yang dimengerti oleh satu sama lain agar tujaunya itu tercapai.

2. Sebagai Alat untuk Mengekspresikan diri
nah, ini nih juga hal yang penting temen-temen, yaitu dengan bahasa kita bisa mengekspresikan diri kita sehingga kita bisa menyampaikan tujuan kita, jadi kita gak bingung temen-temen untuk menyampaikan maksud dan tujuan kita.

3. Sebagai Alat Adaptasi Sosial pada Kondis tertentu
misalnya gini temen-temen, tiba-tiba temen-temen terdampar di sebuah pulau, yang tidak temen-temen ketahui, nah sebagai bentuk adapatasi sosialnya temen-temen harus bekomunikasi dengan penduduk daerha tersebut untuk bertahan hidup kan hehe, itu salah satu contoh peranan bahasa dalam adaptasi sosial pada kondisi tertentu.

4. Sebagai Alat Control Sosial
Jadi dengan bahasa juga bisa menjadi media sebagai alat control sosial, dengan bahasa kita bisa menyamapikan aturan-aturan ada.

Fungsi Bahasa

1. Fungsi Praktis
fungsi praktis adalah sebagai media komunikasi dan interaksi antar masyarakat
2. Fungi Kultural
Bahasa bisa sebagai media pengembangan dalam Kebudayaan
3.Fungsi Artistik
Bahasa sebagai media penyampaian keidnahan misalnya sastra
4.Fungsi Edukati
Bahasa sebagai penyampaian dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
5.Fungsi politis
Bahasa digunakan sebagai alat untuk menyelenggarakan administrasi negara

Pengaplikasian Bahasa Dalam Kehidupan Sehari-hari:
Misalnya nih temen-temen,kita pergi keluar negeri, nah dengan menggunakan fungsi dan perenan bahasa kita bisa saling menegerti satu sama lain dan bisa saling memberikan infromasi juga sehingga kita bisa bergaul dengan masyarakat dunia 

nah itu peranan,fungsi dan pengaplikasianya temen-temen, semoga kita bisa menjadi masyarakat yang bisa mempertahankan kebudayaan dan bahasa bangsa dengan baik.. SEMANGAT!!


sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar